Cilukba! Supernova!
25 Okt. 2013

Pada suatu malam, ketika mengamati galaksi tetangga, sekelompok astronom menerima kejutan: objek baru yang terang-benderang muncul di galaksi itu! Setelah menyelidikinya ternyata mereka telah melihat akhir hidup sebuah bintang besar, salah satu peristiwa yang paling dahsyat di alam semesta. Ledakan yang mengakhiri akhir hidup si bintang disebut 'supernova'. Dalam foto ini si supernova bisa kalian lihat di sekitar bagian bawah galaksi. Meskipun tampak seperti titik kecil, supernova baru ini sesungguhnya bersinar seterang 5 milyar matahari!

Seperti halnya bintang-bintang asal-muasalnya, ada berbagai jenis supernova. Yang satu ini oleh para astronom disebut supernova tipe Ib (satu B). Artinya, sebelum meledak pun si bintang sudah menjalani diet: angin superkuat berhembus dari bintang dan mendorong keluar gas-gas yang berada di dekat permukaan sebelum akhirnya si bintang meledak.

Setiap tahun para astronom melihat lusinan supernova tipe Ib di galaksi-galaksi jauh, tapi mereka belum bisa menunjuk dengan pasti bintang mana yang meledak. Sebelum menjadi supernova, bintang-bintang jauh itu sangatlah redup sehingga sulit dikenali. Namun, dengan adanya supernova para astronom akhirnya untuk pertama kalinya berhasil mengidentifikasi bintang mana yang telah menciptakan objek cemerlang seperti yang kita lihat di foto.

Nah, bagaimana mereka akhirnya berhasil mengidentifikasi? Melalui kerja keras! Mereka mengecek ratusan foto tua yang menunjukkan daerah tempat supernova itu ditemukan dan mencari bintang di tempat yang sama dengan tempat terjadinya supernova. Mereka berhasil menemukannya! Bahkan, bintang itu rupanya bintang yang terkenal dengan angin kencangnya!

Gravitasi lah yang memberi energi pada supernova. Inti bintang “meledak ke dalam”, yakni runtuh ke dalam dirinya sendiri, lalu memancarkan gelombang kejut yang dahsyat dan menyebabkan keseluruhan bintang meledak.

This Space Scoop is based on a Press Release from LCO .
LCO