Penawaran Spesial: Lihat Satu Galaksi, Dapatkan Dua
22 Nov. 2013

Alam semesta tidak pernah membuat kita bosan dengan tak henti-hentinya menyuguhkan misteri-misteri dan kejutan-kejutan. Kejutan untuk astronom di minggu lalu adalah sebuah galaksi tunggal, yang telah sering diamati, ternyata adalah dua buah galaksi! Sepasang galaksi di foto ini berjajar nyaris sempurna di langit, dan telah memperdaya para astronom selama bertahun-tahun.

Galaksi yang lebih dekat, yang berwarna pink, dinamai UGC 10288. Galaksi ini merupakan galaksi spiral, tapi kita yang ada di Bumi melihatnya dari arah tepi. Itu sebabnya galaksi ini tampak sangat tipis. Galaksi yang lebih jauh (yang berwarna biru) berjarak hampir 7 milyar tahun cahaya. Dua semburan (jet) raksasa meluncur dari atas dan bawah galaksi tersebut, salah satunya terlihat dalam foto ini.

Observasi-observasi baru rupanya menjadi keberuntungan bagi para astronom. Hasil-hasil pengamatan itu membuka tabir rahasia duo galaksi tersebut dan memberikan peluang bagi para ilmuwan untuk mempelajari hal-hal baru mengenai si galaksi yang lebih dekat. Dengan memanfaatkan cahaya dari galaksi di latar belakang, yang melewati si galaksi dekat dan akhirnya masuk ke dalam teleskop kita, kita bisa menilai dengan lebih akurat karakteristik si galaksi dekat.

Salah satu hal penting yang diungkapkan oleh foto baru UGC 10288 adalah bahwa pembentukan bintang-bintang tidak secepat yang kita sangka. Hal ini disebabkan oleh karena kebanyakan pengukuran terdahulu juga menyertakan cahaya dari galaksi latar belakang.

Semburan yang kalian lihat tengah meluncur ke atas adalah semburan raksasa.  Seandainya ada 10 deret semburan, panjangnya akan sama dengan panjang Galaksi kita!

This Space Scoop is based on a Press Release from ASTRON .
ASTRON