Semburan Bintang Super Kalahkan Lubang Hitam
19 Agu 2015

Selama puluhan tahun, lubang hitam adalah juara pembuat semburan yang kuat. Sebagai perbandingan, obyek lainnya hanya mampu membuat semburan lemah yang redup untuk bisa dilihat. Tapi ternyata ada bintang yang ingin menantang lubang hitam.

Bintang penantang itu adalah bintang kompak yang dikenal sebagai bintang neutron (dibaca: New-tron).  Ia berada di sistem bintang ganda ( bintang berdua ) dan terlihat menyemburkan materi dalam jumlah yang luar biasa banyak ke angkasa.

Ketika bintang neutron memiliki bintang pasangan, mereka biasanya saling mencuri gas dari temannya. Ketika ini terjadi, sebagian gas meledak dan lepas ke angkasa dengan kecepatan sangat tinggi. Hasilnya, terciptalah tontonan spektakuler.

Semakin banyak materi yang dicuri oleh bintang dari temannya, semburan yang terjadi akan semakin terang. Tapi anehnya, ketika para astronom meneliti bintang neutron yang menciptakan semburan dasyat ini, mereka menemukan kalau si bintang neutron hanya mencuri sedikit materi. Sangat tidak normal untuk bisa menciptakan semburan sedemikian dasyat.

Ternyata, bintang neutron penyebab semburan ini memang tidak biasa. Ia menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk tetap tenang di angkasa sambil mengumpulkan gas (seperti ketika diamati para astronom), sebelum tiba-tiba bergejolak. Meskipun semburan dasyat ini hanya sebentar tapi sangat spektakuler!

Semburan Lubang Hitam menciptakan energi triliunan kali lebih banyak dari Matahari! Sebesar apa? 1 triliun itu punya dua belas nol atau 1.000.000.000.000

This Space Scoop is based on a Press Release from ASTRON .
ASTRON