Tarian Waltz Bintang & Lubang Hitam
6 Mei 2020

Ada tiga objek yang sedang menari di sistem bintang dekat. Lebih tepatnya ada dua bintang yang sedang menari waltz bersama lubang hitam. Yang lebih keren, ini adalah lubang hitam terdekat dari Bumi!

Dalam tarian super spesial ini, salah satu bintang dan lubang hitam yang baru ditemukan, saling mengelilingi setiap 40 hari sekali. Objek ketiga yang lebih terang, atau bintang terluar justru mengelilingi pasangan bintang di dalamnya dari jarak yang jauh.

Yang paling mengejutkan karena, sistem ini termasuk dekat dengan kita. Bahkan ini adalah lubang hitam terdekat dari Bumi yang kita ketahui!

Para astronom yang bekerja di teleskop milik European Southern Observatory (ESO) di Chili, menemukan bukti keberadaan lubang hitam yang jaraknya 1000 tahun cahaya.

Sistem bintang yang jadi rumah untuk lubang hitam tersebut lokasinya sangat dekat sehingga kita bisa melihat kedua bintang dengan mata tanpa alat dari langit belahan selatan.

Para astronom menduga ada ratusan juta lubang hitam di galaksi kita, tapi sampai saat ini hanya sedikit yang sudah ditemukan. Itu artinya, para astronom akan berburu lubang hitam dan tarian kosmis yang ada di dekat kita!

Meskipun jaraknya paling dekat di antara semua lubang hitam yang sudah ditemukan, tidak ada yang perlu ditakuti. Lokasinya sekitar 9.000.000.000.000 kilometer dari Bumi, atau sekitar satu miliar Tembok Raksasa China yang disambung!