Kehidupan di Venus?
14 Sep. 2020

Astronom dan juga kita tentu ingin tahu apakah ada kehidupan lain di planet lain di Alam Semesta. Hari ini ada pengumuman penting tentang tanda kehidupan itu. Kali ini datangnya dari planet tetangga Bumi.

Molekul Spesial

Hari ini, tim astronom internasional mengumumkan penemuan fosfin di atmosfer Venus. Fosfin adalah molekul langka yang dianggap sebagai tanda kehidupan!

Di Bumi, molekul ini biasanya diproduksi oleh mikroba khusus yang hidup pada lingkungan tanpa oksigen. Tentu saja ini bukan hal biasa karena makhluk hidup di Bumi memerlukan oksigen untuk bisa bertahan hidup.

Sudah lama memang para astronom menduga bahwa awan tinggi di Venus bisa menjadi rumah bagi mikroba. Ini karena semakin tinggi dari permukaan Venus, suhunya semakin hangat. Kalau tetap berada di permukaan, tentu saja kehidupan tidak bisa bertahan karena suhunya sangat panas.

Meskipun pada awan tinggi suhunya cukup hangat yakni 30ºC, bagian mengandung asam yang sangat tinggi. Karena itu, lokasi ini pun masih tidak nyaman untuk mikroba yang sedang mencoba bertahan hidup.

Kolaborasi dan Eksplorasi Masa Depan

Molekul fosfin pertama kali dideteksi saat para astronom melakukan pengamatan dengan Teleskop James Clerk Maxwell di Hawai’i. Penemuan mengejutkan ini kemudian dikonfirmasi oleh teleskop radio Atacama Large Millimeter/submillimeter Array (ALMA) di Chili.

Penemuan ini penting karena para astronom bisa mengesampingkan kemungkinan lain pembentukan fosfin. Akan tetapi, mereka juga memahami bahwa untuk mengonfirmasi penemuan kehidupan di Venus masih butuh waktu dan penelitian yang lebih akurat.

Jadi di masa depan, akan ada lebih banyak penelitian yang dilakukan baik dari Bumi maupun oleh wahana yang dikirimkan untuk mempelajari Venus. Dan pastinya masih akan ada banyak penemuan menarik.

Venus adalah salah satu objek paling terang di langit malam! Tapi, hanya bisa dilihat untuk rentang waktu yang pendek, sebelum Matahari terbit (di timur) atau setelah Matahari terbenam (di barat).

This Space Scoop is based on Press Releases from ESO , ALMA , RAS .
ESO ALMA RAS