Sarapan si Lubang Hitam
20 Des. 2019

Biasanya, kita sarapan dengan sereal, buah, telur atau roti panggang. Bahkan objek terbesar di alam semesta pun harus makan!

Yang jadi makanan lubang hitam adalah gas dan debu. Ternyata, lubang hitam yang terbentuk waktu alam semesta masih muda sudah melahap banyak sekali gas dan debu.

Apapun yang mendekat ke lubang hitam akan ditarik dengan gaya tarik yang sangat kuat. Saking kuatnya, tidak ada yang bisa lepas dari lubang hitam. Materi yang ditarik inilah yang membuat lubang hitam jadi lebih besar.

Para astronom belum lama ini mengamati kolam gas dingin di sekeliling galaksi purba di Alam Semesta. Ternyata, gas tersebut merupakan makanan lubang hitam supermasif yang ada di pusat galaksi untuk terus bertumbuh.

Simpanan makanan ini sekaligus menjelaskan bagaimana lubang hitam bisa cepat bertumbuh pada saat Alam Semesta masih muda.

Para astronom bisa mengetahui semua itu karena mereka melihat sangat jauh ke luar angkasa. Gas yang jadi simpanan makanan ini diketahui usianya sudah lebih dari 12,5 miliar tahun.

Kebalikan dari lubang hitam adalah lubang putih. Tidak ada apapun termasuk cahaya bisa memasuki lubang putih ini. Tapi, materi bisa lepas dari lubang putih! Akan tetapi, lubang putih ini kemungkinan tidak pernah ada di Alam Semesta. Ia hanya solusi untuk salah satu problem Matematika yang sangat sulit!