Kegelapan yang Hilang
26 Nov. 2020

Selama ini para astronom telah mengetahui bahwa Alam Semesta juga diisi oleh materi gelap yang belum bisa dipahami dengan baik.

Hasil terbaru dari Teleskop Hubble justru mengungkap misteri galaksi yang tampaknya bebas dari materi gelap!

Materi Gelap Yang Misterius

Materi gelap adalah materi misterius, aneh, dan tidak memancarkan cahaya. Karena itu diberi nama materi gelap. Kita bisa tahu materi gelap itu ada dari efek yang diberikan pada benda-benda di sekitarnya. Mirip seperti jejak di salju yang ditinggalkan anjing kasat mata. Dari efek inilah kita bisa mengetahui kalau materi gelap ada di galaksi dan berfungsi juga untuk mengikat atau menjaga keterikatan objek-objek di dalam galaksi.

Ke Mana Perginya?

Tapi, bagaimana jika sebuah galaksi tidak memiliki materi gelap? Inilah yang ditemukan oleh Teleskop Hubble!  Ada dua galaksi yang sepertinya kehilangan materi gelap. Keduanya adalah: NGC1052-DF2 dan NGC1052-DF4.

Data terbaru yang diperoleh Teleskop Hubble menjadi kunci untuk menguak teka teki tersebut. Hasil pengamatan galaksi NGC1052-DF4 memperlihatkan terjadinya gangguan pasang surut yang jadi tersangka utama. Gangguan pasang surut di sini berarti ada galaksi lain dengan gravitasi sangat kuat yang memporakporandakan NGC1052-DF4.

Rupanya, gangguan tersebut datang dari gravitasi NGC 1035, galaksi masif tetangga NGC1052-DF4. Akibat gangguan gravitasi tersebut, materi gelap pun tersingkir.

Setelah materi gelap disingkirkan, kini giliran galaksi NGC1052-DF4 yang dicabik secara perlahan-lahan oleh galaksi tetangga! Itu artinya, gugus bintang dalam galaksi akan ditarik dari galaksi kecil ke galaksi lebih besar.

Penemuan gangguan pasang surut atau kita bisa sebut juga gangguan gravitasi, ternyata membuat para astronom lega. Kok bisa? Tanpa adanya gangguan gravitasi, para astronom harus mempertimbangkan lagi pemahaman tentang gravitasi!

Kredit foto: ESA/Hubble, NASA, Digitized Sky Survey 2. Acknowledgement: Davide de Martin.

Menurut para astronom, materi misterius dan aneh di Alam Semesta itu 5 kali lebih banyak dari materi normal yang bisa kita lihat!