Planet Bumi-super di Bintang Katai Merah "Tetangga" Matahari
26 Sep. 2022

Para astronom menemukan planet Bumi-super (planet yang lebih berat dibanding BUmi) yang berada di area laik huni sebuah bintang katai merah! Yang keren, bintang ini termasuk dekat dengan matahari. Hanya 37 tahun cahaya!

Bintang katai merah merupakan bintang paling banyak ditemukan di Bimasakti. Dari seluruh populasi bintang di Bimasakti, 75% merupakan bintang katai merah. Bintang seperti ini lebih kecil, lebih dingin, lebih redup, dibanding Matahari. Tapi, umur bintang katai merah jauh lebih panjang dibanding Matahari. Jadi, bintang katai merah merupakan target ideal untuk mencari planet yang mungkin bisa menopang kehidupan seperti di Bumi.

Sistem Ross 508. Itu nama bintang dengan planet Bumi-super yang baru ditemukan. Exoplanetnya diberi nama Ross 508b. Sistem ini berada di rasi Ular a.k.a serpent yang bisa ditemukan dalam gendongan Ophiuchus, si pembawa Ular.

Supaya planet bisa punya tanda kehidupan seperti di Bumi, planet tersebut harus berada pada jarak tertentu dari bintang induknya. Jadi, lokasinya harus tepat di area yang temperaturnya cukup hangat supaya air tetap dalam wujud cair di permukaan. Para ilmuwan menyebut area ini zona laik huni.

Dan ternyata…. planet Ross 508b berada di tepi dalam zona laik huni!

Tim astronom yang dipimpin Professor Bun’ei Sato dari Tokyo Institute of Technology juga menemukan kalau planet Ross 508b memiliki orbit elips atau lonjong. Dan rupanya, sebagian orbitnya berpotongan atau melintasi area laik huni.

Untuk mengamati sistem keplanetan seperti Ross, para ilmuwan di Pusat Astrobiologi Jepang mengembangkan instrumen khusus untuk pengamatan inframerah. Namanya instrumen Inframerah Doppler (IRD). Instrumen ini dipasang pada Teleskop Subaru di Hawai’i.

Jadi, bintang katai merah itu bintang dingin yang tidak banyak memancarkan cahaya tampak dibanding bintang tipe lain. Akibatnya, tidak mudah untuk mempelajari bintang seperti ini. Tapi, dengan instrumen yang bekerja pada panjang gelombang inframerah, bintang katai merah tampak cemerlang.

Dengan teleskop Subaru, para astronom bisa mempelajari lebih lanjut apakah air ataupun kehidupan ada di Ross 508b. Juga para astronom bisa melakukan analisis yang lebih baik untuk mencari kandidat planet di bintang katai merah.

Foto: Diagram skematik sistem Ross 508. Area hijau merupakan zona laik huni di mana air bisa tetap berada dalam wujud cair di permukaan planet. Orbit planet ditunjukkan dalam warna biru. Planet Ross 508b berada pada tepi dalam zona laik huni (garis utuh) dan melintasi area laik huni (garis putus-putus) saat mengorbit bintang. Kredit: Pusat Astrobiologi.

Satu tahun di planet Ross 508b sama dengan 11 hari di Bumi. Itu artinya kamu lebih sering merayakan ulang tahunmu di planet Ross 508b dan hidup lebih lama, dibanding di Bumi.