Galaksi Sextans B & Beragam Objek Menarik di Dalamnya
28 April 2021

Astronomi itu ilmu yang menyenangkan, bukan saja karena kita bisa mencari jawaban pertanyaan seperti dari mana kita berasal, apa yang membentuk makhluk hidup, atau apa yang ada di Alam Semesta. Orang tertarik dengan astronomi karena keindahannya. Siapa yang tidak kagum atau jatuh cinta dengan foto-foto yang dipotret Teleskop Hubble?

Kali ini giliran teleskop Nicholas U. Mayall di Observatorium Nasional Kitt Peak, Arizona, Amerika Serikat, yang menyajikan foto Sextans B yang luar biasa indah. Sextans B adalah sebuah galaksi katai tak beraturan yang jaraknya 4,5 juta tahun cahaya dari Bumi.

Yang menarik, ada beragam objek astronomi di dalam galaksi katai Sextans B. Kalau dari foto, awan merah bak permata itu merupakan palung kelahiran bintang dimana bintang-bintang terang terbentuk. Lainnya adalah planetari nebula yang bisa kita sebut juga kuburan bintang adalah selubung bintang raksasa merah yang terlontar ke angkasa saat bintang hampir mati.

Dalam foto juga tampak galaksi jauh yang tampak kabur di latar belakang, sementara bintang-bintang dari Bima Sakti bersinar terang di latar depan.

Nama Sextans B diperoleh dari rasi bintang Sextans tempat galaksi katai ini berada. Rasi bintang Sextans pertama kali diidentifikasi oleh astronom Polandia, Johannes Hevelius pada tahun 1687. Johannes Hevelius memberi nama Sextans dari nama instrumen pengukur ketinggian yang ia gunakan bersama Elisabeth, istrinya, dalam pengamatan tanpa teleskop!

Sumber foto: KPNO/NOIRLab/NSF/AURA. Data diperoleh dan diolah oleh: P. Massey (Lowell Obs.), G. Jacoby, K. Olsen, & C. Smith (AURA/NSF). Olah citra: T.A. Rector (University of Alaska Anchorage/NSF’s NOIRLab), M. Zamani (NSF’s NOIRLab) & D. de Martin (NSF’s NOIRLab)

Elisabeth Hevelius adalah salah satu astronom perempuan pertama yang namanya diabadikan sebagai nama asteroid dan kawah di Venus.